Kamis, 24 Mei 2012

Merubah Ukuran Partisi Hardisk Dengan Mini Tool Partition Wizard

Tags

Hai sobat Blogger, bagi anda yang belum tahu apa itu Mini Tool Partition Wizard, anda bisa download dulu di sini. Pada posting sebelumnya juga sudah dijelaskan mengenai kegunaan software ini. Dari namanya pun kita juga pasti tahu bahwa ini sejenis software partition wizard. Tapi menurut saya software ini tidak sama dengan software partition wizard lainnya. Lebih powerful, ringan dan mudah cara menggunakannya (ini sih menurut saya pribadi lhooo... hehe).

Hebatnya lagi, software ini tidak hanya dapat digunakan pada hardisk, tapi juga bisa untuk flashdisk dan memory card lainnya (micro sd, pro duo, m2, sd card, etc.). Oya, yang saya jelaskan tutorialnya di sini adalah versi Mini Tool Wizard 5, sebenarnya yang Home Edition ver 7 sudah beredar sih, tapi ya gak apa-apa deh, saya cuma punya nya yang versi 5. Jadi seadanya aja yaaa... hehe.

Oke langsung aja, berikut ini sedikit tutorial cara menggunakannya:



Studi Kasus:

Disk dikonfigurasi sebagai 2 partisi. Partisi C & D.
C adalah partisi sistem dan D adalah penyimpan data-data lainnya. Tujuannya adalah ingin memperluas 7 GB untuk partisi C.






Langkah 1:
Membuat ruang kosong 7GB. Kecilkan drive D untuk mendapatkan 7 GB ruang bebas antara drive C dan drive D. Silakan pilih dari Partisi Wizard, dan klik "Move/Resize" dari toolbar. Anda akan melihat jendela popup seperti gambar di bawah. Dan kemudian tarik perbatasan kiri partisi ke kanan untuk mengecilkan partisi ini. Dan kemudian klik tombol OK.







Langkah 2:

terlihat ada ruang 7 GB yang tidak terisi (unlocated) yang dibuat antara drive C dan D. Dan kemudian silakan pilih drive C, dan klik "Move/Resize" dari toolbar lagi.





Langkah 3.
Posisi pointer mouse ke tepi kanan dari partisi. Silakan tarik mouse ke kanan untuk memperluas partisi C ketika pointer mouse berubah menjadi panah berkepala dua. Dan kemudian klik tombol OK.



Dan kemudian Anda bisa melihat drive C sudah bertambah kapasitasnya.





Selamat mencoba...

Sumber : http://bloggerspemalang.blogspot.com/2011/11/merubah-ukuran-partisi-hardisk-dengan.html

4 komentar

Apakah cara ini tidak mempengaruhi data yang tersimpan di partisi C atau D ?

Oneng banget ni blog

Ya gk lah kan tidak dikurangi, asal jangan klik format tidak ada yg hilang kok insyaallah


EmoticonEmoticon